Home » » Manfaat Mendaki Gunung

Manfaat Mendaki Gunung

Written By Unknown on Friday 22 July 2016 | 10:36:00


Mendaki gunung/hiking saat ini memang sudah menjadi hal yang tidak asing lagi yang tidak hanya di lakukan oleh kalangan pelajar ataupun anak muda saja.Bahkan saat ini orang tua dan juga anak-anak pun banyak yang mekukan kegiatan ini.Selain sebagai hobi,mendaki memiliki banyak manfaat baik secara teknis maupun non teknis yang akan kita rasakan sebab itulah saat ini banyak kalangan melakukan kagiatan ini.Manfaat apa sajakah yang akan kita dapatkan dari kegiatan ini :


  1. Meningkatkan kapasitas kerja jantung dan paru-paru
Manfaat mendaki gunung yang pertama adalah dapat meningkatkan kapasitas kerja jantung dan paru-paru.Hal ini di sebabkan karena pada saat melakukan pendakian di butuhkan tenaga yang besar yang akan membentuk kekuatan pada jantung dan paru-paru.Dengan jatung dan paru-paru yang kuat maka kita akan bisa terhindar dari beberapa penyakit misalnya memperkecil resika terkena penyakit jantung dan stroke juga akan mengoptimalkan suplay oksygen dan peredaran darah.

   2. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh

Saat melakukan pendakian tentunya membutuhkan stamina dan juga daya tahan tubuh yang baik.Dengan sering melakukan pendakian maka stamina dan daya tahan tubuh akan terjaga bahkan akan semakin meningkat.

   3. Memperkuat otot-otot tubuh

Dengan rutin melakukan pendakian maka otot di tubuh kita akan semakin kuat terutama pada otot kaki.Tulang di tubuh kita pun akan semakin kuat sehingga kita bisa terjaga dari serangan osteoporosis

   4. Sebagai media olahraga

Mendaki juga menjadi sarana berolahraga,terutama olahraga yang berhubungan dengan alam. Kiata bisa berlari-lari naik turun gunung.

   5.  Mendekatkan diri pada alam.
  
Tentunya kita akan bersinggungan langsung dengan alam saat mendaki.Biasanya gunung masih memiliki alam yang masih alami dan indah.

   6. Memberikan pengalaman baru

Akan ada pengalaman pengalaman baru yang tidak terduga saat kita mendaki,baik itu pengalaman secara fisik maupun spiritual.Yang pastinya akan menambah pengalaman kita.

   7. Menambah relasi

Tentunya dalam mendaki kita tidak sendirian,nah dari sinilah kita akan mendapatkan teman-teman baru.Atau,walaupun kita mendaki sendiri kita akan bertemu dengan pendaki lain saat istirahat yang bisa kita jadikan relasi saat melanjutkan pendakian.

   8. Untuk memuaskan hobi

Bagi sebagian orang,kegiatan mendaki merupakan hobi.Dengan mendaki gunung-gunung akan memberikan kepuasan tersendiri.Dengan begitu akan memberikan ketentraman dalam hidup.

   9. Akan menambah ilmu pengetahuan

Anda akan belajar mengenal alam semesta,banyak tanda-tanda alam yang akan kita temui misalkan saja tentang arah angin,arah matahari,tentang tumbuhan,jejak binatang-binatang liar dan masih banyak lagi.Dengan demikian ilmu pengetahuan kitapun akan bertambah.

   10. Membentuk mental dan juga pikiran

Mendaki juga bisa bermanfaat dalam membentuk karakter,mental dan juga pikiran seseorang.Di butuhkan keahlian dalam pengolahan insting dan juga emosi.Dengan insting dan juga emosi yang baik akan berpengaruh pada mental dan pikiran seseorang.

  11. Relaksasi dan juga hiburan

Dengan sibuknya aktifitas kita sehari-hari,mendaki bisa kita jadikan alternatif untuk mengisi waktu liburan kita.Dengan bersinggungan langsung dengan alam yang masih alami kita akan mendapatkan hiburan dan juga relaksasi yang akan memberikan kesegaran badan dan juga fikiran kita.

Nah itulah beberapa hal yang bisa saya uraikan tentang manfaat melakukan pendakian/hiking.Dan tentunya hal perlu kita ingat mari kita jaga alam kita ini supaya tetap terjaga jangan sampai kita merusaknya karena alam ini merupakan aset yang sangat berharga.Selain itu dalam melakukan pendakian harus di persiapkan semua secara matang dan menyiapkan mental kita.Bagi pemula bisa anda baca " tips mendaki bagi pemula "agar dapat tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

1 komentar :

  1. Follow bang blog ane di http://tulkec.blogspot.com

    ReplyDelete