Home » » Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula

Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula

Written By Unknown on Saturday 14 May 2016 | 23:51:00


Kegiatan pendakian gunung memang kegiatan yang mengasyikkan dan menantang juga dapat di lakukan oleh semua orang baik laki-laki maupun perempuan.Apalagi dengan sensasi yang akan kita dapatkan,cakrawala yang menakjubkan dengan hamparan awan yang begitu indah.Tapi,dalam melakukan pendakian kita harus memperhatikan beberapa hal mengingat dalam pendakian nanti tentunya kita akan menemui berbagai hal yang mungkin saja terjadi,selain medan yang berat,tentunya masih banyak hal hal lain yang akan kita temui.Apalagi sebagai pemula tentunya kita harus mempersiapkan matang-matang,jangan asal-asalan dalam melakukan pendakian.

Artikel ini akan sedikit memberikan tips bagi anda yang akan melakukan pendakian dan semoga dapat membantu.

 1. Perencanaan sebelum pendakian

Perencanaan ini menjadi hal mendasar yang perlu kita lakukan,tentang tempat,jalur pendakian,perbekalan dan lain sebagainya.Karena tanpa perencanaan yang matang terkadang ada hal-hal mendasar yang akan terlewatkan.

2. Mempelajari rute yang akan kita lalui.

Sebagai pemula sebaiknya kita mencari rute yang lebih mudah,karena di satu gunung biasanya ada beberapa rute pendakian.Kita bisa mencari informasi dari internet atau media-media yang lain tentang rute mana yang cocok untuk kita apalagi sebagai pemula.

3. Meminta izin / memberi tahu orang terdekat.

Mungkin ini hal sepele tapi ini penting kita lakukan,karena pendakian tidak hanya mencari kepuasan saat kita di puncak gunung tapi juga tentang keselamatan selama kita mendaki.Jadi,alangkan baiknya sebelum berangkat kita memberi tahu pada arang tua atau siapapun orang-orang  terdekat misalkan saja pacar,teman ataupun tetangga juga bisa.

4. Mempersiapkan perlengkapan.

Jangan membawa perlengkapan yang berlebihan,bawalah perlengkapan yang seefektif mungkin tapi memiliki daya guna yang besar.Sesuaikanlah perlengkapan sesuai dengan lokasi,rute juga kondisi cuaca.Beberapa perlengkapan mendaki diantaranya: tas carrier(tas khusus pendaki),jaket,korek api,senter,tenda,obat-obatan,matras dan lain sebagainya yang kiranya memang perlu untuk di bawa dan itu penting.

5.Mengatur logistik dan perbekalan

Dalam satu tim sebaiknya perbekalan kita bagi jangan hanya di bebankan pada satu orang.Sesuaikan perbekalan yang akan kita bawa,alangkah baiknya membawa makanan yang ringan tetapi mengandung banyak kalori.Dan jangan membawa minuman yang beralkohol walaupun menghangatkan tetapi akan membahayakan diri kita.

6.Siapkan fisik dan mental

Sebelum melakukan pendakian hendaknya kita siapkan fisik kita misal dengan melakukan joging ataupun senam sacara rutin supaya badan kita tidak kaget dengan medan yang akan kita lalui saat melakukan pendakian.

7. Melapor ke pos pendakian

Sebelum mendaki haruslah mendapatkan izin dari pihak-terkait dan laporlah terlebih dahulu ke pos untuk mengisi buku tamu.Isilah biodata dengan benar dan sesuai juga cantumkan nomor telepon yang dapat di hubungi misalkan saja keluarga apabila ada hal hal yang tidak di inginkan saat melakukan pendakian.

8. Jagalah lingkungan dan jangan merusak alam sekitar

Hal penting lainnya yaitu kita harus menjaga lingkungan.Bawalah kembali sampah-sampah dan jangan sampai kita merusak alam sekitar.

Itulah sedikit tips yang bisa saya bagikan dan semoga saja bermaanfaat.Bila kawan kawan semua mempunyai masukan-masukan bisa lewat komentar yang nanti bisa saya tambahkan ke artikel ini.

0 komentar :

Post a Comment